Senin, 07 Maret 2016

Contoh Makalah Tentang "Uji Kualitas Air"

TUGAS BIOLOGI
“UJI KUALITAS AIR”
SMK KESEHATAN SURABAYA

Oleh :
1.Cynthia Rizki P.
2.Afilla Febriana
3.Nico Renaldy
4.Addillah Fahira A.
5.Shofia Shifa A.



KATA PENGANTAR

Dengan nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang. Segala puji dan syukur bagi Allah swt yang dengan ridho-Nya kita dapat menyelesaikan laporan penelitian ini dengan baik dan lancar. Sholawat dan salam tetap kami haturkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad saw dan untuk para keluarga, sahabat dan pengikut-pengikutnya yang setia mendampingi beliau. Terima kasih kepada keluarga, ibu guru, dan teman-teman yang terlibat dalam pembuatan makalah ini yang dengan do'a dan bimbingannya laporan penelitian  ini dapat terselesaikan dengan baik dan lancar.
Dalam laporan penelititan ini, kami meneliti tentang ”Kualitas Air” yang kami buat berdasarkan hasil penelitian yang kami lakukan di laboratorium. Laporan penelitian  ini diharapkan bisa menambah wawasan dan pengetahuan yang selama ini kita cari. Kami berharap bisa dimafaatkan semaksimal dan sebaik mugkin.
Tidak gading yang tak retak, demikian pula laporan penelitian ini, oleh karena itu saran dan kritik yang membangun tetap kami nantikan dan kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.


Surabaya,September 2014

Daftar isi
Lembar Pengesahan.............................................1
Kata Pengantar.....................................................2
Daftar isi...............................................................3
Pendahuluan.........................................................
Bab I
Ø 1.1 Latar belakang masalah............................4
Ø 1.2 Permasalahan..........................................5
Ø 1.3 Tujuan.....................................................5
Bab II
Ø 2.1 Hasil pengamatan beberapa air.................6
Ø 2.2 Tabel hasil pengamatan.............................7
Bab III
Ø 3.1 Alat dan bahan ........................................8
Ø 3.2 Cara kerja ................................................9
Ø 3.3 Kesimpulan...............................................9
Ø 3.4 Penutup...................................................10
Daftar Pustaka




Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Air merupakan sumber daya alam yang diperlukan untuk hajat hidup orang banyak, bahkan oleh semua makhluk hidup. Oleh karena itu, sumber daya air harus dilindungi agar tetap dapat dimanfaatkan dengan baik oleh manusia serta makhluk hidup yang lain. Pemanfaatan air untuk berbagai kepentingan harus dilakukan secara bijaksana dengan memperhitungkan kepentingan generasi sekarang maupun generasi mendatang. Aspek penghematan dan pelestarian sumber daya air harus ditanamkan pada segenap pengguna air. Saat ini, masalah utama yang dihadapi oleh sumber daya air meliputi kuantitas air yang sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan yang terus meningkat dan kualitas air untuk keperluan domestik yang semakin menurun. Kegiatan industri, domestik, dan kegiatan lain berdampak negatif terhadap sumber daya air, antara lain menyebabkan penurunan kualitas air. Kondisi ini dapat menimbulkan gangguan, kerusakan, dan bahaya bagi semua makhluk hidup yang bergantung pada sumber daya air. Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan dan perlindungan sumber daya air secara seksama. Pengelolaan sumber daya air sangat penting, agar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dengan tingkat mutu yang diinginkan. Salah satu langkah pengelolaan yang dilakukan adalah pemantauan dan interpretasi data kualitas air, mencakup kualitas fisika, kimia, dan biologi. Kegiatan proses pengolahan air minum pada Instalasi Pengolahan Air Minum Legundi PDAM Gresik secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap kondisi sekitarnya


1.2  Permasalahan
Penduduk Indonesia yang membutuhkan air bersih yang berkualitas semakin meningkat kedepannya,sehingga terdapat permasalahan yang perlu diperhatikan sebagai berikut :
• Bagaimana karakteristik kualitas air baku dan air produksi di  tiap inlet dan outlet unit IPAM Legundi unit 1.
• Kinerja unit-unit bangunan Instalasi Pengolahan air minum  legundi

1.3  Tujuan
          Kami mengamati uji kualitas air mempunyai tujuan tersendiri tujuanya adalah kami bisa mengetahui kualitas air yang telah diamati dan mengerti air yang mana yang bisa dikonsumsi dan yang mana yang baik di masak dan yang di buat mencuci pakaian.







Bab II
2.1  hasil pengamatan beberapa air
          Sampel air kemasan , mempunyai warna yang jernih, rasanya segar, terasa dingin , air kemasan tidak berbau dan memiliki pH 5 yang rendah , layak untuk di konsumsi.
          Sampel air sumur , mempunyai warna yang sedikit buram dan kotor ,rasanya tidak enak , baunya seperti tanah dan memiliki pH 7.
          Sampel air PDAM , mempunyai warna jernih dan sedikit kehijauan, rasanya sedikit asam dan pahit ,baunya sedikit ada kaporitnya,memiliki pH 7.berguna untuk mencuci pakaian.
          Sampel air isi ulang ,mempunyai warna yang jernih / bening, rasanya pahit , air isi ulang tidak berbau dan memilikipH 7 ,layak untuk di konsumsi.
          Sampel air matang, mempunyai warna yang sedikit buram ,rasanya tidak enak ,berbau tidak sedap.dan mempunyai pH 8 yang sangat tinggi.
          Sampel air aquades, mempunyai warna yang jernih,rasanya tawar dan sedikit asin,dan baunya seperti karet ,dan memiliki ph 6 dan layak untuk di konsumsi.




2.2 Tabel Hasil Pengamatan

Parameter
Sampel
A
Kemasan
Sampel
B
Sumur
Sampel
C
PDAM
Sampel
D
Isi Ulang
Sampel
E
Matang
Sampel
F
Aquades
Warna
Jernih
Kotor, sedikit keruh
Sedikit kehijau-
an
Bening
Sedikit keruh
Jernih
Rasa
Segar, Enak.
Tidak enak, Tidak segar
Sedikit asam dan sedikit pahit
Sedikit asam, segar, sedikit pahit
Tidak enak
Tawar, dan sedikit asin
Bau
Tidak berbau
Sedikit berbau tanah
Sedikit berbau keporit
Tidak berbau
Tidak sedap
Berbau karet
Ph
5
7
7
7
8
6





Bab III
3.1 Alat dan Bahan
        1.Air Kemasan
       2.Air Sumur
       3.Air PDAM
       4.Air Isi Ulang
       5.Air Matang
       6.Air Akuades Steril
       7.Kertas pH
       8.Tabung Reaksi
       9.Rak Tabung Reaksi
       10.Pipet Ukur







3.2 Cara Kerja
      1.Mengambil 5 ml air
          2.Memasukan air ke dalam tabung reaksi
          3.Kemudian,tabung reaksi di beri label
          4.Mengamati ciri ciri air seperti : bau, rasa, warna
          5.Kemudian mengukur pH, dan hasilnya di catat
          6.Terakhir bandingkan setiap sampelnya

3.3 Kesimpulan
Kita dapat mengamati air terdapat berbagai jenis air,tetapi hanya beberapa yang dapat di konsumsi.Karna pertimbangan dari warna air,bau air,rasa serta pH nya.Dan yang lebih bagus di konsumsi yaitu air kemasan,air akuades.karna mempunyai pH yang rendah.









3.4 Penutup
Demikianlah makalah yang kami buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas, dimengerti, dan lugas.Karena kami hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan Dan kami juga sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Sekian penutup dari kami semoga dapat diterima di hati dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.




Daftar Pustaka

Kee,L.H. 2001. Biology: The Living Science. Person Education Asia Ltd.,Singapore
Aubusson, P. And E.Kennendy. 2001. Biology In context : The Spectrum of life . Oxford University Press ,UK.

Becket, B. And R.M gallagher. 1991. All about Biology. Oxford Press, Oxford

Tidak ada komentar:

Posting Komentar